Kamis, 29 November 2012

NET CENTER, PUSAT INTERNET MAHASISWA

            Pada era sekarang banyak sekali berbagai media yang digunakan mahasiswa untuk membantu dalam berbagaimasalah yang dimiliki oleh mahasiswa salah satunya dalam mencari bahan untuk tugas yang telah diberikan oleh dosen maupun asisten dosen. Salah satu media yang digunakan adalah internet. Internet sangat membantu dan memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan sekejap mata seperti membalikkan telapak tangan. Dengan internet, kita akan merasa menggenggam dunia. Jadi, tak diragukan lagi jika seorang mahasiswa tidak mengenal apa itu internet. Dalam lingkup Universitas Sriwijaya, media internet yang bisa digunakan adalah Net Center, Conoco Philips, WIFI, Sampoerna Corner, dan sebagainya.
            Net Center merupakan salah satu media internet yang paling sering digunakan oleh kalangan mahasiswa. Selain dari fasilitas internet, di Net Center terdapat juga media untuk mengeprint sehingga bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas yang dimilikinya bisa langsung mencetak nya di Net Center tersebut tanpa harus bersusah payah. Selain itu juga terdapat WIFI yang bisa digunakan oleh kalangan mahasiswa tanpa harus perlu membayar sehingga bisa mengakses internet tanpa batas sesuai dengan keinginan masing-masing.
            Dari sekian mahasiswa, banyak mahasiswa yang memilih untuk menikmati akses internet di Net Center karena ada beberapa hal yang menjadi keunggulan tersendiri dari Net Center sehingga banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa. Beberapa keunggulan yang dimiliki Net Center adalah Fasilitas untuk mengeprint, Harga yang terjangkau, tidak mudah terkena virus, dan fasilitas Microsoft Office yang bisa digunakan yang tak ada dibeberapa Media internet yang digunakan di Universitas Sriwijaya.
Salah satu keunggulannya seperti yang disebutkan sebelumnya terdapat sebuah media untuk mengeprint yang mempermudah mahasiswa untuk langsung mencetak tugasnya. Tak hanya itu, alasan lain yang dimiliki Net Center sendiri adalah biayanya yang begitu terjangkau oleh mahasiswa. Dengan hanya uang sebesar lima ribu rupiah maka kita bisa menikmati akses internet selama empat jam sesuai dengan keinginan kita. Berbeda dengan tarif warnet dan waktunya yang terlalu mengkekang dan hanya bisa digunakan saat dimana kita hanya datang ke internet. Tetapi, Net Center memberikan fasilitas sebuah kupon yang mana kita bisa gunakan kapan pun saat kita membutuhkan sesuai dengan waktu yang diberikan.
Virus juga menjadi salah satu kendala mahasiswa dalam memilih tempat untuk mengakses internet. Kenapa begitu penting? Karena jika suatu flashdisk yang digunakan terkena oleh sebuah virus bisa saja semua data penting yang kita miliki langsung lenyap seketika ditelan virus. Hal ini sudah diatasi oleh Net Center dengan menggunakan antivirus yang efektif sehingga tidak akan mudah terkena virus dan pelanggan akan nyaman untuk menggunakannya.
Selanjutnya hal yang tak kalah penting adalah fasilitas Microsoft Office yang dimiliki oleh Net Center. Tanpa Microsoft Office maka mahasiswa akan kewalahan karena semua tugas yang diberikan tentu saja biasanya menggunakan Microsoft Office khususnya Microsoft Office Word dan Microsoft Office Power Point. Di Net Center terdapat sebuah fasilitas tersebut sehingga kita bisa dengan nyaman membuat tuga-tugas kita yang telah menumpuk. Berbeda halnya dengan conoco philips, Conoco philips tidak menyediakan layanan fasilitas Microsoft Office sehingga beberapa mahasiswa akan merasa malas jika harus kesana meskipun bisa dinikmati dengan gratis.
Meskipun terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh Net Center, beberapa mahasiswa masih banyak mengaku bahwa terdapat beberapa kekurangan yang dimilik oleh Net Center. Hal tersebut antara lain belum menyediakan fasilitas foto copy, belum ada penjualan barang-barang seperti flash disk dan sebagainya, dan belum ada kedai makanan yang disediakan.
Foto copy adalah salah satu media yang digunakan mahasiswa dalam kehidupannya. Tetapi, Net Center belum menyediakan jasa foto copy sehingga mahasiswa harus repot-repot untuk bolak-balik ke perpustakaan untuk foto copy. Tentu saja ini merupakan sesuatu yang menjadi kendala mahasiswa dalam menggunakan jasa internet di Net Center.
Beberapa mahasiswa ada juga yang memerlukan flash disk untuk media penyimpanan data-data tugas yang disimpan. Penjualan barang-barang media penyimpanan seperti itu juga akan menarik perhatian mahasiwa untuk membelinya karena ukurannya yang begitu kecil akan memudahkan kita untuk membawanya tetapi resikonya barang kecil tersebut akan hilang jika kita tidak berhati-hati membawanya dan akan sangat sulit dicari karena ukurannya yang sangat kecil itu. Meskipun media penyimpanan tersebut sangat berguna, Net Center belum bisa memberikan jasa tersebut kepada pelanggan.
Makanan adalah salah satu yang membuat mahasiswa tertarik untuk mengunjungi suatu tempat. Kenapa demikian? Karena kebanyakan mahasiswa yang ada di Universitas Sriwijaya adalah anak kos, maka ada kalanya kita sebagai mahasiswa belum sempat untuk sarapan atau makan siang. Dengan begitu mahasiswa tentu akan lebih nyaman untuk mengakses internet. “Net Center kalau bisa saya sarankan untuk membuka kedai makanan karena pada saat mengakses internet ada kalanya akan lapar apalagi bagi mahasiswa yang belum sempat sarapan,” Saran Clara Ika Phalupie mahasiswa FKIP Ekonomi 2012 sambil tertawa kecil.
Karena kenyamanan yang diberikan oleh Net Center banyak mahasiswa yang sering kali berkunjung dalam sehari nya. Bahkan ada beberapa mahasiwa yang mengunjungi Net Center sampai beberapa kali karena begitu pentingnya jalur akses internet yang harus digunakan. “Saya kemari dalam sehari bisa mencapai tiga kali sehari tak kalah seperti makan dalam sehari dikarenakan begitu banyaknya tugas yang menumpuk yang diberikan oleh dosen,” timbal Clara Ika Phalupie kembali.
            Meskipun bisa memberikan fasilitas yang memadai ada beberapa kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam menggunakan fasilitas Net Center ini khususnya untuk para mahasiswa yang baru menggunakan Net Center. Salah satu kendala yang dihadapi mahasiwa yaitu terdapat pada saat log-in pertama kali menggunakan Net Center. Banyak beberapa mahasiwa yang pertama kali menggunakan Net Center mengaku bahwa belum tau bagaimana cara log-in menggunakan komputer di Net Center ini. Beberapa diantaranya mengaku bahwa mereka tidak tahu jika untuk menggunakannya kita harus membeli kupon sebesar lima ribu dulu dibagian tempat untuk mengeprint. Selain itu kendala yang lain yaitu pada saat pertama kali menghidupkan komputer, komputer akan gelap dan tak tau apa yang harus dilakukan. Dengan bantuan beberapa orang yang sudah sering ke Net Center, mereka bisa mengetauhi caranya dengan mengklik kanan sembarang di bagian tempat yang gelap tersebut sehingga muncul tempat untuk log-in.
            Biasanya mahasiwa datang sendirian untuk menikmati jalur akses internet yang dimiliki Net Center dan mengaku banyak mengetahui info tentang Net Center sendiri dari beberapa teman yang sering datang ke Net Center. Mahasiwa biasanya memanfaatkan fasilitas ini untuk mengerjakan tugas-tugas yang telah menumpuk tetapi ada kalanya juga beberapa mahasiswa menggunakan Net Center untuk kepuasan masing-masing seperti jejaring sosial, game online, ataupun download.
            Net Center adalah salah satu fasilitas internet yang sangat membantu mahasiswa dalam kesehariannya. Maka dari itu, kita sebagai pengguna yang baik harus memanfaatkan dan menjaganya dengan baik. Jangan menyalah gunakan fasilitas yang ada di Net Center dan jangan terlalu banyak menggunakannya untuk hal-hal yang bersifat terlalu penting karena banyak sekali mahasiswa yang lebih membutuhkannya untuk menghadapi tugas-tugas yang semakin hari semakin menumpuk.

(Ramadhan Pratama)

0 komentar:

Posting Komentar