Senin, 10 Desember 2012

Esai - Kekurangan adalah Kelebihanmu

“Tak ada gading yang tak retak.” Tidak semua manusia di dunia ini memiliki kesempurnaan dalam hidupnya. Ada kalanya kita harus menghadapi dunia ini dengan kekurangan yang senantiasa menemani lingkaran kehidupan ini. Kebanyakan orang menjadikan kekurangan tersebut sebagai suatu alasan untuk menghindar dari perjalanan hidup ini. Tapi, ada juga sebagian kecil yang menjadikan kekurangan tersebut sebagai motivasi diri untuk membuka gerbang kesuksesan dan mengenyam manis dan indahnya kehidupan. Semua tergantung kepada individu masing – masing dan bagaimana cara menyikapnya.
Kekurangan adalah salah satu alasan untuk menggapai sebuah kesuksesan tapi apakah sebenarnya kesuksesan itu? Meskipun suatu saat kita akan menjadi orang yang sukses, apakah yang akan kita lakukan? Pastinya itu adalah tanda tanya besar selama kita hidup di dunia ini. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sukses artinya berhasil. Dengan kata lain saat kita berhasil mencapai apa yang kita inginkan kita bisa dikatakan menjadi orang yang sukses. Tapi apakah hanya karena itu kemudian kita akan diam saja? Tentu saja jawabannya TIDAK. Manusia yang sukses sebenarnya adalah manusia yang selalu berusaha untuk mengembangkan dirinya. Jadi, jangan pernah merasa Anda sudah sukses, karena jika Anda merasa demikian, itu artinya Anda sudah berada di puncak dan tidak mau berkembang. Tetap teruskan saja langkah kita meskipun kelak nanti kita sulit untuk menjadi seorang yang sukses karena sebuah kekurangan.
Pernahkah kalian terpikir untuk mengisi sebuah kertas dengan sesuatu yang bermanfaat. Cobalah anda tuliskan beberapa kelebihan anda dalam kertas tersebut. Sulitkah? Kebanyakan orang kebingungan dengan apa yang harus mereka tulis karena tak banyak dari kita menyadari apa yang kita miliki selama ini. Sekarang cobalah anda tuliskan beberapa kekurangan dalam diri anda sendiri di kertas yang berbeda dan cobalah lihat perbedaannya. Apakah perbedaan dari kedua kertas tersebut? Tentu kita bisa langsung menemukan perbedaan mencolok kedua kertas tersebut dari cara kita menuliskannya. Sebagian besar orang akan lebih mudah menuliskan kekurangan yang mereka miliki daripada menuliskan kelebihan apa saja yang ada dalam dirinya. Walaupun setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan berbeda-beda, namun hampir semuanya merasa kesulitan bila mereka ditanya mengenai kekuatan yang dimiliki.
Lalu bagaimana kita menanggapi ini? Tentu saja ini bukanlah hal yang buruk untuk mengetahui apa saja kekurangan yang ada di dalam hidup kita sendiri. Kita bisa jadikan kekurangan tersebut sebagai acuan hidup untuk memulai langkah start. Sebagian besar orang – orang di sekeliling kita lebih memfokuskan diri untuk memikirkan kekurangan yang ada tanpa berusaha mencoba memanfaatkan kekurangan tersebut sebagai kunci untuk membuka gerbang kesuksesan. Lantas bagaimana caranya memanfaatkan kekurangan tersebut?
Pernahkah kalian mendengar tentang Louis Braille? Mungkin sebagian besar kalian sudah mendengar nama ini khususnya untuk kalangan tuna netra. Louis Braille adalah seorang tokoh yang berhasil menciptakan huruf Braille yang sekarang digunakan oleh para kalangan tuna netra. Sejak umur 4 tahun dia sudah mengalami kebutaan tetapi hal tersebut tidak menjadikannya pesimis dalam menjalani hidup. Dengan memanfaatkan sebuah kekurangan yang dimilikinya itu dia berhasil menciptakan sebuah metode huruf yang menggunakan 6 titik yaitu huruf Braille. Bukankah itu luar biasa? Meskipun usianya masih muda dia dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa dari sebuah kekurangan yang dimilikinya. Itu adalah pelajaran pertama untuk kita, kita harus bisa berusaha untuk bersikap optimis dalam menjalani hidup ini. Berusahalah menerima semua kekurangan yang kita miliki dan cobalah mencari sebuah solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut. Jangan hanya diam terpaku dan terus meratapi sebuah kekurangan yang kita miliki. Yakinlah semuanya pasti akan ada jalannya. Jangan pernah berkata, “Ya Tuhan, Saya mempunyai masalah yang luar biasa,” tapi ubahlah kata-kata anda menjadi, “Hey masalah, Saya mempunyai Tuhan yang luar biasa.”
Tahukah kalian filosofi huruf “O”? Huruf “O” memiliki sebuah rahasia yang unik. Dalam Bahasa Inggris “Opportunity” memiliki arti kesempatan yang dimulai dengan huruf “O”. Sadarkah kita pada kata “Yesterday” tidak memiliki satupun huruf “O”, pada kata “Today” hanya terdiri dari sebuah huruf “O”, sedangkan pada kata “Tomorrow” memiliki huruf “O” yang lebih banyak. Dari ilustrasi tersebut dapat disimpulkan hari kemarin kita tidak akan mendapatkan sebuah kesempatan, hari ini kita masih memiliki sebuah kesempatan, sedangkan hari esok kita memiliki banyak kesempatan untuk merubah diri kita menjadi lebih baik. Ini adalah pelajaran yang lain yang bisa kita jadikan acuan dalam hidup ini. Kita tahu memiliki kelemahan. Maka ada 2 pilihan yang bisa kita ambil. Pertama diam saja dengan segala kelemahan tersebut atau mencari solusi untuk mengatasi masalah dan kelemahan yang kita miliki. Tidak ada masalah yang tidak memiliki solusi. Semuanya kembali ke diri kita masing - masing untuk mencari solusi tersebut. Tidak ada kata terlambat untuk mengubah diri kita sendiri.
Apa dengan itu saja sudah cukup? Tentu saja BELUM. Selain dari hal-hal yang diatas masih ada satu hal lagi yang tak kalah penting yaitu Tuhanmu. Jangan lupakan DIA yang memiliki energi terbesar untuk membantu kita. Dalam fase - fase transformasi mengubah sebuah kekurangan menjadi kekuatan, akan ada titik dimana kita merasa lelah dengan semuanya. Merasa ingin berhenti dan menyerah. Merasa kekurangan energi. Maka mendekatlah dengan DIA, pemilik energi tiada batas. DIA, yang Maha Mengatur segala urusan, yang Bumi dan Langit ada di dalam genggamannya. Kapan terakhir kali kita bercerita dan memohon bantuan-NYA?
Setiap dari kita memiliki “Kekurangan yang unik.” Tapi bila kita mau menerima kekurangan tersebut dan mencari sisi lainnya untuk perbuatan baik, kita bisa “menebar atau menanam benih” di sepanjang jalan kehidupan kita, sehingga kita tidak hanya bisa menikmati keindahan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Jalani hidup ini dengan berani karena kita tahu bahwa Tuhan punya rencana, meskipun di dalam kelemahan kita, Dia sanggup mengubahnya menjadi kekuatan baru. Sebagaimana yang Dia janjikan bagi tiap-tiap orang yang bersandar kepada-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar