Rabu, 27 Februari 2013

Belajarlah Untuk Mendengar dan Memuji

Selamat siang semuanya! ^_^
Sudah tak terasa sudah hampir berminggu-minggu sudah tidak update blog lagi. Ya mau gimana lagi, warnet yang dikunjungi mengalami masalah terus saat log in ke blogger. Dan untungnya Wifi kampus sekarang bisa dimanfaatkan mumpung lagi nggak ada mata kuliah hehe.

Baiklah, langsung ke topik. Ada yang pernah nonton film "I Not Stupid Too"? Sebagian besar mungkin banyak yang belum nonton. Film ini merupakan film yang berasal dari Singapura. Mumpung lagi baik hati, kalian bisa liat poster filmnya dibawah.


Bagaimana? Ada sedikit bayangan? Yup, pasti diantara kalian sudah pasti banyak yang bisa menebak. Film ini tentang 3 orang yang tak bisa berbicara. Eits, bukan berarti bisu loh. Maksudnya tak bisa berbicara disini adalah tidak bisa mengungkapkan sesuatu yang ingin diucapkan. Kenapa begitu? Jawabannya simple, karena "orang tua".

Di film ini diceritakan dua orang kakak-beradik yang bernama Tom dan Jerry yang selalu dimarahi oleh kedua orang tuanya karena mereka tak bisa memberikan hal yang diharapkan mereka. Lucu ya namanya Tom dan Jerry, tapi bukan berarti mereka selalu bertengkar loh. Bukan berarti juga mereka berdua akrab. Jadi intinya apa dong? Mereka berdua cuma jarang berkomunikasi satu sama lain.Selain Tom dan Jerry ada juga yang bernasib sama dengan mereka yaitu Chengcai. Ia tinggal bersama Ayahnya, karena Ibunya sudah meninggal.

Film ini lebih menggambarkan sebuah keegoisan dari orang tua yang memperlakukan anaknya. Disini digambarkan orang tua selalu menganggap mereka benar dan selalu memarahi anaknya tanpa bertanya sebab. Sehingga sang anak tak bisa mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi. Karena itulah, beberapa anak mudah terjerumus ke lingkungan yang sesat karena komunikasi yang buruk antara orang tua dan anak.

Selain kehidupan keluarga, di film ini juga memaparkan tentang kehidupan di sekolah. Disini diceritakan sebuah kelas yang selalu mendapatkan nilai buruk di ujian, padahal si guru sudah memberikan beberapa media yang bisa digunakan oleh belajar.

Dari film ini ada beberapa pelajaran yang berharga bisa kita temukan, yaitu belajar untuk mendengar dan memuji. Mendengar adalah hal yang paling dibutuhkan di dunia ini. Jika manusia tak saling mendengarkan, maka akan terjadi komunikasi yang buruk yang dapat menyebabkan kesalahpahaman. Selain itu pujian juga adalah hal yang paling penting. Karena dengan pujian kita bisa membangkitkan semangat orang lain. Sewaktu kita kecil pujian lah yang selalu menemani kehidupan kita, sehingga kita bisa hidup seperti sekarang ini. Karena itu pujian adalah yang paling dibutuhkan meskipun hanya sedikit.

3 komentar:

  1. saya sudah nonton film ini ngak tau yang satu atau dua hahah
    tapi yang paling saya ingat itu adalah

    "kapan terakhir kali kamu dipuji oleh seseorang?"
    "kapan terakhir kali kamu memuji seseorang?"

    ah penuh makna dan pesannya nyampe ini film :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bnget kak, itu kata awal saat film dimulai

      Hapus
  2. Iya bagus banget filmnya.Bisa dibuat pelajaran untuk kita semua.

    BalasHapus