Selasa, 12 Maret 2013

Copas itu...

"Copas". Pasti rata-rata semua orang khususnya pengguna internet sudah sangat mengenal kata tersebut. Copy-Paste, itulah kebiasaan pengguna internet sekarang, begitu juga dengan pengguna blog. Bahkan sebenarnya aku sendiri pernah melakukannya. Tapi bukankah itu melanggar hak cipta?

Copas itu boleh saja, asalkan kita mau mencantumkan sumbernya. Tapi yang menjadi kendala pemuda sekarang, banyak sekali orang yang tak menghiraukan hal yang seperti ini. Kebanyakan orang menganggap hal tersebut adalah hal yang benar-benar sepeleh bahkan menganggap itu bukanlah hal yang penting. Kenyataannya manusia itu egois dan lebih mementingkan diri sendiri bukan?

Tentu saja jika kalian menjadi seseorang yang diambil karyanya dengan begitu mudah rasanya sedikit  tidak rela bukan? Hmm, ada kalanya mungkin kita butuh berhari-hari menyelesaikan karya kita tersebut. Tapi orang lain dengan begitu mudahnya mengambilnya dalam hitungan detik. Dan yang lebih parahnya mengambil tanpa izin.

Saran buat kalian yang mau copas:
1. Minta izin terlebih dahulu
2. Mencantumkan sumbernya.
3. Tidak mengcopas sama persis
4. Cukup baca karyanya dan tulis ulang dengan kata-kata kita sendiri

Kita ini masih muda teman-teman, hargailah karya orang lain. Dan jangan lupa untuk terus berkarya!

1 komentar:

  1. ive checked this cool site a couple of times now and i have to say that i find it quite good actually. keep it up! :p
    choreography inaugural station biography kidd exhibitor saddles november introverted
    this way People are bound to find this really important. I think the second paragraph pretty much says everything.

    Korean Air Purifier Brands

    Negative Ion Generator Reviews Consumer Reports

    Air Purifier Made In Germany

    BalasHapus